FOM Hotel Pesonna Makassar Jadi Bagian Pre Opening Empat Hotel Berbeda

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Tidak banyak yang tahu sebelumnya bila Evi Nurjayanti Sultan Front Office Manager (FOM) Hotel Pesonna Makassar, merupakan bagian dari Pre Opening empat hotel berbeda di Makassar.

Berlatar pendidikan perhotelan Viviy sapaan akrabnya,mengawali karier di dunia perhotelan pada 2006 di Hotel Santika Makassar.

"Waktu itu masih Pre Opening jadi kita di training dulu selama tiga bulan.Santika sendiri opening pada awal 2007.Saya baru saja lulus sekolah tahun itu,tapi tidak langsung kuliah.Setelah setahun disana,saya baru kuliah sambil bekerja,"kata Viviy.

Pada 2010,Viviy di pindahkan ke Amaris Hotel Panakkukang (AHPAN) Makassar yang merupakan bagian dari Santika untuk memimpin departemen Front Office.

"Saya disana masuk saat Pre Opening.Di Amaris saya hanya setahun,karena disaat bersamaan saya harus menyusun skripsi,ujian sidang,dan mempersiapkan diri untuk ujian akhir.Jadi saya memilih untuk berhenti bekerja dan fokus terlebih dahulu,"ujar Viviy.

Setelah mendapat gelar sarjana ekonomi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar (STIEM) Bongaya,Viviy tidak mau berlama-lama menganggur.

Viviy langsung mendapat tawaran di departemen accounting Swiss-Bellinn Panakkukang Makassar.Khusus di dunia perhotelan ini menjadi tantangan baru bagi Viviy.

"Dengan bekal pendidikan yang saya miliki sangat membantu saya menjalani pekerjaan.Saya masuk saat Pre Opening dan bergelut dengan dunia keuangan selama empat tahun disana,"tambah Viviy.

Pada 2015,Viviy mendapat info Hotel Pesonna Makassar membuka lowongan pekerjaan.

Dirinya langsung memasukkan lamaran kala itu.Pesonna menjadi hotel ke empat bagi Viviy dan semuanya di mulai saat Pre Opening.

"Menjadi bagian dari Pre Opening setiap hotel, membuat kita punya rasa memiliki yang besar.Apalagi dengan teman yang bernasib serupa,sudah seperti saudara sendiri,"cerita Viviy.


Viviy juga tanpa sungkan menyebut bahagianya menjadi bagian dari Hotel Pesonna Makassar.

"Karena mengusung konsep halal,disini kita di perbolehkan berhijab.Saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari Pesonna,"papar Viviy.

Selama 13 tahun berkarier di dunia perhotelan,dari banyak prestasi yang pernah di raihnya ada satu prestasi yang paling Viviy banggakan.

Pada 2018,dirinya berhasil mencetak staffnya Vivit Anggraini terpilih menjadi Receptionist Of The Year (ROTY) se kota Makassar.


"Saya masih ingat setiap moment bersama Vivit mulai dari saat dia baru bergabung di Pesonna sampai terpilih menjadi ROTY.Apalagi saya juga banyak mendapat pujian karena di anggap mampu merubah sikap dia menjadi lebih baik.Saya sangat tertantang untuk bisa melahirkan Vivit yang baru,"ungkap Viviy.


Di sela kesibukannya,Viviy ternyata selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga Bulutangkis.Bukan hanya sekedar berolahraga Viviy juga selalu update perkembangan para atlet bulutangkis Indonesia di dalam dan di luar lapangan.

Viviy punya cerita menarik saat Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma legenda bulutangkis Indonesia menginap di Hotel Pesonna Makassar.


"Saya punya baju merk Astec (Alan Susi Technology) yang selalu saya kenakan bila bermain bulutangkis.Saya sengaja bawa dan meminta mereka untuk menandatanganinya.Kalau foto bareng sudah pasti sekalian ha..ha..,"Canda Viviy.

Ketika ditanya apakah akan tetap berkarier di dunia perhotelan,Viviy mengatakan bahwa passionnya memang disini.

"Saya sangat senang bekerjasama dengan Staff yang mungkin baru pertama kali bekerja di dunia perhotelan.Saya selalu ingin membuat mereka menjadi pribadi yang lebih baik,tidak perlu untuk selalu mengingat saya nanti.Cukup berprestasi dan memiliki karier yang bagus saya sudah merasa bangga,"tutup Viviy.(R/Rajendra)